Dompu – Agar kerusuhan masa pendukung di Pilkada Dompu tak berlarut, Kapolda NTB Irjen. Pol. M. Iqbal bersama Danrem 162 Wirabakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani beserta jajaran, turun langsung mengunjungi Bapaslon H. Syaifurrahman Salman dan Ika Rizky Veryani (SUKA), pada Kamis (24/9).

Pada kesempatan itu, Kapolda NTB menegaskan bahwa dirinya tidak ingin terjadinya chaos atau keributan. Apalagi, saat ini di tengah era pendemi Covid 19. Kapolda meminta agar Bapaslon SUKA menghimbau dan mengendalikan tim sukses serta massa simpatisannya untuk menjaga stabilitas keamanan sekaligus mematuhi dan menerapkan Protokol kesehatan.

“Saya harap kepada Bapaslon SUKA untuk mengendalikan tim sukse dan massa simpatisannya agar tidak melakukan aksi blokde jalan sehingga Pilkada 2020 berlangsung tetap aman dan damai,” ucap Kapolda NTB kepada Bapaslon SUKA.

Senada, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdani juga menegaskan bahwa keselamatan masyarakat adalah hal yang paling utama. Karenanya ia meminta kepada Bapaslon SUKA untuk menghentikan aksi dari massa pendukungnya.

“Kami mengharapkan kepada tim sukses atau massa simpatisan untuk tetap mematuhi dan menerapkan Protokol kesehatan Covid-19 sehingga tidak bertambahnya klaster baru,” tegas Danrem.

Sementara, H. Syaifurrahman Salaman selaku Bapaslon SUKA menanggapi bahwa saat ini pihaknya telah memasukkan dokumen laporan ke Kantor Bawaslu Kabupaten Dompu. Ia pun mengatakan sudah menghimbau tim sukses dan massa simpatisan agar menghentikan kericuhan.

“Sesuai Deklarasi pernyataan sikap, kami mematuhi protocol kesehatan pada saat di Polda NTB maupun di Polres Dompu dan kami telah menghimbau dan mengajak tim sukses atau masa simpatisan untuk mematuhi dan menerapkan Protokol kesehatan guna terselenggaranya Pilkada 2020 yang aman, damai dan sehat,” katanya.

Syaifurrahman meminta agar persoalan terkait dirinya dengan KPU dapat dimediasi. Ia juga menjamin stabilitas keamanan di Kabupaten Dompu dapat tetap terjaga selama proses mediasi berlangsung.

“Kami berharap ini bisa dimediasi dan kami siap menjaga stabiltas keamanan Kabupaten Dompu selama Pilkada 2020 berlangsung,” sambung Syaifurrahman Salman.

Sedangkan Ika Rizky Veryani selaku Bakal Calon Wakil Bupati paket SUKA menanggapi dan meminta dengan tegas bahwa hukum ditegakkan kepada seluruh elemen masyarakat bukan dikuasai oleh orang-orang yang memiliki kekuasaan.

Selain itu, Cika juga menyampaikan permohonan maaf dengan ketidak nyamanan masyarakat atas apa yang sudah dilakukan massa simpatisan atau pendukung SUKA.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pihak terutama aparat Kepolisian dan TNI atas hal yang dilakukan tim sukses atau masa simpatisan yang mengganggu Kamtibmas di wilayah Kabupaten Dompu,” ucap Cika.

Rem