Mataram – Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Mataram, H Baihaqi dan Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi (BARU) akan memperkuat program pembangunan dengan memberi perhatian hingga ke tingkat Rukun Tetangga (RT) di Kota Mataram.

Para Ketua RT akan diapresiasi dengan pemberian honor atas pelayanan mereka untuk masyarakat. Para Ketua RT dinilai sebagai ujung tombak pemerintahan yang paling tahu masalah dan solusi yang ada di tengah masyarakat.

“RT yang paling tahu tentang warga masyarakatnya. Apa yang dibutuhkan dan apa saja kebutuhannya. Pendataan yang komprehensif berawal dari kinerja RT, sehingga BARU akan memberikan honor untuk para Ketua RT ini,” kata Calon Wakil Walikota Mataram, Hj Baiq Diyah Ratu Ganefi pada Jumat (16/10) di Mataram.

Ratu Ganefi mengatakan, sepanjang blusukannya menyapa masyarakat di Kota Mataram ternyata cukup banyak permasalan sosial, kesehatan dan kemiskinan di Kota ini yang tidak muncul ke permukaan.

Beberapa warga yang tergolong kurang mampu dan seharusnya layak mendapatkan program bantuan pemerintah, juga tidak bisa mengakses bantuan lantaran tidak masuk dalam data penerima.

Menurutnya, di sinilah peran RT sangat dibutuhkan untuk benar-benar mendata warga yang ada. Dan juga mendata permasalahan sosial di lingkungannya untuk dicarikan solusi.

“Mungkin selama ini kan RT akhirnya tidak maksimal karena tidak ada honor atau operasional. Kinerja para Ketua RT ini berat, sehingga ini harus kita hargai,” katanya.

Ratu Ganefi mengatakan, dengan pendekatan tersebut diharapkan program satu data bisa berjalan baik di Kota Mataram ke depan.

“Sehingga kita bisa tahu berapa warga yang benar-benar tidak mampu, berapa lansia, dan masalah sosial lainnya. Sebab menyelesaikan masalah sosial itu hanya bisa tuntas jika semua berbasis data,” ujarnya.

Selain honor Ketua RT, BARU juga memprogramkan pendanaan kegiatan di tingkat RT dengan berbasis program masyarakat. Sebab tiap Lingkungan di Kota Mataram memiliki potensi dan tantangan masing-masing.

Hal ini dimaksudkan agar warga masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab untuk kenyamanan di lingkungan tinggalnya masing-masing.

bGan