Lombok Utara – Musibah kebakaran yang menghanguskan puluhan rumah di Dusun Lendang Galuh, Desa Sigar Penjalin, KLU pada hari Sabtu malam (3/10) mendapat atensi khusus Wakil Ketua Komisi 1 DPR RI, H. Bambang Kristiono (HBK).

Mendengar khabar musibah kebakaran di KLU, Samurai Prabowo tersebut langsung memerintahkan Tim relawan HBK Pedulinya untuk segera mendata dan menginventarisir kebutuhan para korban kebakaran, kemudian menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban terdampak kebakaran ini.

“Mendapat berita musibah ini semalam, dari Bogor saya langsung perintahkan dan pimpin langsung Tim HBK Peduli untuk menyalurkan bantuan bagi para korban kebakaran di KLU. Saya juga sudah perintahkan para pengurus DPC Partai Gerindra KLU dan anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD KLU untuk semaksimal mungkin memberikan bantuannya kepada masyarakat terdampak, yang pastinya mengalami berbagai kesulitan,” kata HBK, Minggu (04/10) melalui keterangan tertulisnya.

Diketahui kebakaran di Desa Sigar Penjalin menyebabkan sekitar 20 unit rumah penduduk ludes terbakar, termasuk satu Mushola. Dan sedikitnya 101 Keluarga yang terdiri dari 270 jiwa terdampak kebakaran harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

HBK melalui Tim relawan HBK Peduli langsung bergerak Minggu pagi (04/10) ke lokasi musibah kebakaran dan mendata serta menginventarisir kebutuhan mendesak dan darurat para korban kebakaran.

Pada Minggu siang, Tim HBK Peduli membawa bantuan kemanusiaan untuk para korban kebakaran di tiga titik lokasi pengungsian di Desa Sigar Penjalin.

Bantuan tanggap darurat berupa paket-paket sembako diberikan untuk tiap keluarga, masing-masing Beras 5 kg, Mie Instant 1 dus, Air Minum Kemasan 1 Dus, Minyak Goreng 1 liter, Telor Ayam 1 Trey, dan Kopi instans. Tim relawan HBK Peduli juga membawa bantuan family kits, baju layak pakai untuk para korban kebakaran yang sangat membutuhkan.

“Saya dan keluarga merasa sangat prihatin dengan musibah ini, dan berharap masyarakat para korban bisa tabah dan sabar menghadapi ujian musibah ini. Tim HBK Peduli tetap kita standbykan dan memperhatikan kebutuhan para korban dan membantunya semaksimal mungkin,” ujar HBK.

HBK mengatakan, Tim HBK Peduli juga mengerahkan unit-unit Ambulance HBK Peduli untuk membantu masyarakat korban kebakaran yang membutuhkan layanan medis, selama mengungsi di lokasi sementara. Bantuan air bersih juga akan diberikan apabila masyarakat terdampak sangat membutuhkan.

Ketua Badan Pengawas dan Disiplin (BPD) Partai Gerindra ini juga berharap bahwa bantuan-bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat korban kebakaran.

Penyaluran bantuan Tim HBK Peduli kepada para korban kebakaran di Dusun Lendang Galuh, Desa Sigar Penjalin, KLU, Minggu sore (04/10) disambut dengan sangat antusias oleh seluruh masyarakat korban kebakaran.

Ketua DPC Partai Gerindra KLU,
Sudirsah Sujanto bersama anggota Fraksi Gerindra DPRD KLU, Artadi turut mengawal penyerahan bantuan tersebut langsung di lapangan.

Kepada masyarakat korban kebakaran, Sudirsah dan Artadi menyampaikan salam dan rasa prihatin dari HBK dan keluarga kepada masyarakat.

“Jadi, kehadiran kami disini juga sebagai bentuk rasa duka dan keprihatinan pak HBK atas musibah kebakaran yang menimpa keluarga besar masyarakat di Dusun Lendang Galuh ini. Beliau menyampaikan berbagi bantuan ini sebagai bentuk empati dan peduliannya kepada masyarakat Dusun Ledang Galuh yang sedang kena musibah ini, meringankan beban bapak, ibu serta keluarga korban kebakaran,” kata Sudirsah.

Penyerahan bantuan dilakukan Sudirsah dan Artadi kepada para perwakilan keluarga korban kebakaran, mewakili relawan HBK Peduli.

Kegiatan kemudian ditutup dengan do’a bersama dan pembacaan Al-Fatihah untuk kesehatan pak HBK dan keluarga yang dipimpin oleh anggota Fraksi Gerindra DPRD KLU Artadi.

“Mari kita sama-sama do’akan pak HBK supaya tetap diberi kesehatan dan kelimpahan rahmat oleh Allah SWT, dan agar diberikan balasan yang mulia atas kepeduliannya kepada kita semua. Dan kita semua yang terdampak musibah kebakaran ini bisa segera melewati dan mengatasinya,” kata Artadi.

Usai penyerahan bantuan dan do’a bersama, masyarakat korban kebakaran menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada HBK dan keluarga yang sudah peduli dengan kondisi mereka saat ini.

Dbd