Mataram – Eskalasi perpolitikan daerah jelang Pilkada serentak 9 Desember mendatang kian menghangat. Di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dinamika itu mulai terasa seiring dengan berjalannya tahapan Pilkada. Khususnya di Kota Mataram, tahap pendaftaran telah tuntas dilaksanakan dengan total 4 pasang Bakal Calon Pendaftar Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram yang memenuhi seluruh perolehan kursi Parpol peserta pemilu.

Semakin banyaknya kontestasi, tentunya semakin memperbanyak pilihan politik yang harus dipertimbangkan oleh masyarakat pemilik suara. Namun fahamilah visi – misi yang menyentuh seluruh sektor, patut menjadi alasan yang jitu untuk menentukan sebuah pilihan. Seperti 9 point penting dan juga menarik yang ditawarkan pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Mataram, H. Baihaqi – Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi atau yang dikenal dengan Paket BARU.

1. Bale Pelayanan Kota Mataram

Bale Pelayanan ini merupakan gagasan BARU untuk memastikan pelayanan publik berjalan cepat antara lain dengan penyediaan :

– Pusat sistem Kota terintergrasi untuk Kesehatan, Layanan Pemerintah, dan Ekonomi.

– Bertekad mendorong Mataram yang sejahtera. Mataram yang “Baidatun Taybatun Warabbun Gafur” aman dan tentram ” tercukupi sandang, pangan serta berakhlak mulia.

2. Ketersediaan Ruang Publik

Kota yang maju adalah kota yang nyaman bagi penduduknya. Baik ketika berada di rumah maupun di luar rumah. Karena itu BARU akan memperbanyak ruang publik untuk masyarakat Kota Mataram. BARU menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH), setidaknya 1 RTH di setiap Kelurahan.

3. Pelayanan Kesehatan Paripurna

BARU serius membenahi pelayanan kesehatan bagi warga Kota Mataram dengan program “1 Ambulans 1 Kelurahan”.

BARU bertekad memastikan jajaran di bawahnya menjadi yang terdepan dalam bidang keselamatan, lingkungan, pelayanan dan hubungan masyarakat.

4. Insentif Kepada RT Berbasis Kegiatan

BARU bertekad meningkatkan perekonomian dengan cara meningkatkan partisipasi masyarakat – mendorong Mataram menjadi “City Of Young Enterpreneur”. Penghargaan berupa insentif akan diberikan mulai dari tingkat RT untuk memotivasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota ini.

5. Remunerasi Guru Honorer

Di sektor pendidikan, BARU bertekad memastikan Mataram terdepan dalam bidang pendidikan formal maupun non formal. Penghargaan dan perhatian akan ditingkatkan untuk guru-guru honorer di Kota Mataram.

6. Mataram Bebas Sampah

Dengan inovasi BARU akan menuntaskan masalah kebersihan dan pengelolaan sampah Kota Mataram, dalam 1 Tahun.

BARU bertekad menjadikan Kota Mataram menjadi terdepan dalam bidang pengelolaan tata kota yang bersih, indah, dan nyaman. BARU memastikan terciptanya Mataram landmark yang baru.

7. Wirausaha Purna ASN

BARU akan memberikan pelatihan usaha Kepada Calon pensiunan di jajaran PEMERINTAH KOTA MATARAM. Tujuannya akan para pensiunan yang masih memiliki semangat produktif bisa tetap berkarya di dunia usaha setelah mengabdi sebagai ASN.

8. Kepala Kelurahan Adalah Strategic Planning Kota Mataram

BARU akan memaksimalkan fungsi dan tugas Para Lurah di Kota Mataram. Jabatan Bapak/Ibu Lurah dinilai sebagai Jabatan STRATEGIS di pemerintahan. Lurah akan diberikan kesempatan lebih luas untuk berivonasi dan membangun wilayahnya.

9. Mataram Kota Pariwisata

BARU bertekad mendorong Mataram menjadi kota Pariwisata (City Of Tourism). BARU memastikan keunikan dan kearifan lokal menjadi kekuatan penunjang pariwisata di Kota ini.

Sembilan point itu dapat menjadi alasan, BARU layak menjadi pemimpin yang tepat untuk Kota Mataram. Namun terlebih dahulu, kenali dulu calon kepala daerahnya agar tak salah menentukan pilihan.

aNd